Sabtu, 29 Juni 2013

contoh RPP grammar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 
 


Satuan Pendidikan    :           SMA ......................
Mata Pelajaran          :           Bahasa Inggris
Kelas/ Semester          :           X/ Gasal
Jenis Text                   :           Narrative text
Aspek                         :           Menulis
Waktu                                    :           2 x 45’













STANDAR KOMPETENSI
 
 



6.      Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk  recount, narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari.
KOMPETENSI DASAR
 
                                                                   

6.2        Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat,lancar berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
Sub Kompetensi Dasar         :
Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative.



INDIKATOR
 
 
Dengan diberi teks recount siswa mampu      :
6.2.1        Mengidentifikasi past tense
6.2.2        Menganalisa past tense dalam teks
6.2.3        Melengkapi teks rumpang menggunakan past tense
TUJUAN PEMBELAJARAN
 
 


Di akhir pembelajaran siswa mampu   :
6.2.1.1 Mengidentifikasi past Tense
6.2.2.2 Menganalisa past tense dalam teks
6.2.2.3 Melengkapi teks rumpang mengunakan past tense
6.2.2.4 Menggunakan past tense di dalam kalimat atau teks
Dengan akurat dan benar.
MATERI PEMBELAJARAN
 
 


Past Tense
Form   :
a.       Positive
S +  V-2 + O
b.      Negative
S + did+ not +V-1+ O
c.       Interogative
Did+ S + V-1 + O + ?
The simple past tense indicates that an activity began and ended at a particular time in the past.
Time signal      : yesterday, last week,last....,2 days ago, etc

METODE PEMBELAJARAN
 
 


1.   Penugasan.
2.    Praktik.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
 
 


I.                   Kegiatan Pendahuluan
-          Greeting
-          Menyiapkan fisik dan psikis siswa
-          Tanya jawab seputar kegiatan yang telah dilakukan
-          Menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi

II.                Kegiatan Inti
EKSPLORASI
1.      Guru memberikan pertanyaan tuntunan sebagai berikut                     :
a. Did you remember about our material last week?
b. What it is?
c. What is the function of it?
d. Did you remember about the generic structure?
e. Did you know what is the language features?
2.      Guru menunjukkan media berupa rumus past tense
3.      Guru menjelaskan tentang past tense
ELABORASI
1.      Guru memberikan contoh teks narrative dan meminta siswa untuk menganalisis past tense yang ada dalam teks.
2.      Guru menugaskan siswa untuk melengkapi teks rumpang menggunakan past tense.
3.      Siswa mendiskusikan dengan aktif  jawaban  yang benar dengan bimbingan guru.
KONFIRMASI
1.    Siswa  dibantu guru menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam past
     tense
2.    Siswa  yang menemui kesulitan diberi solusi.


III.             Kegiatan Penutup
1.      Siswa diminta mempelajari rencana materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
2.      Siswa diminta membuat recount teks sebagai tugas rumah.

SUMBER BELAJAR
 
 


1.      Look Ahead 1
2.      Developing English Competencies
3.      SI & SKL
MEDIA
 
 



Gambar berupa tulisan tentang rumus Past Tense
   PENILAIAN
 
 


Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumen
       a.    Teknik Penilaian
       1)   Non tes
       2)   Tes tulis
b.    Bentuk Instrumen
       1)   Jawaban singkat 
Contoh Instrumen
Complete this paragraph by using the words in the bracket in the form of past tense.
The Fly and the Bull
There was once a little fly who thought he was very important. He 1......................(feel)proud of himself. One sunny morning, he 2...................(fly)around looking for someone to talk to. He 3................(see) a bull grazing in a field. He 4..........................(decide)to fly down to talk to him.
The little flew down and buzzed around the bull’s head. The bull 5 ..............(not, do)bother him. He 6.......................(go)on chewimg grass.
 The fly then buzzed right inside the bull’s ear. The bull 7.............................(continue).chewing grass. The fly thought, “ what a stupid animal!”
Now, the fly decided to land on one of the bull notice him. He 8.......................(wait)for the bull to say something, but the bull kept quite.
The fly then 9................................(shout)angrily, “oh, bull, if you find that I am too heavy for you, let me know and I’ll fly away!”
The bull 10..............................(laugh)and said, “Little fly, I don’t care if you stay or leave. You are so tiny that your weight does not make any differences to me, so please be quiet and leave alone.

Key answer     :
Felt, flew,saw, decided, went, continued, did not, waited, shouted, laughed


Rubrik Penilaian Menulis (Esai)

                    Skor maksimal = 20
Nilai siswa = Skor perolehan  X 10 = . . . .
                     Skor maksimal
                 = Skor perolehan  X 10 = . . . .
                                                    20




Mengetahui                                                                                             ........, .....................
Kepala Sekolah SMA............                                                 Guru Mata Pelajaran  


                                                                                                                 .....................










mayangsariyesi.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar