|
Satuan
Pendidikan : SMA ......................
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/ Semester : X/
Gasal
Jenis Text : Narrative text
Aspek : Menulis
Waktu : 2 x 45’
|
6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional
pendek dan esei sederhana berbentuk
recount, narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
6.2
Mengungkapkan makna dan
langkah-langkah retorika secara akurat,lancar berterima dengan menggunakan
ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
Sub Kompetensi Dasar :
Mengungkapkan
makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan
menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks
kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative.
|
Dengan diberi
teks recount siswa mampu :
6.2.1
Mengidentifikasi past
tense
6.2.2
Menganalisa past tense
dalam teks
6.2.3
Melengkapi teks rumpang
menggunakan past tense
|
Di akhir pembelajaran siswa mampu :
6.2.1.1 Mengidentifikasi past Tense
6.2.2.2 Menganalisa past tense dalam
teks
6.2.2.3 Melengkapi teks rumpang
mengunakan past tense
6.2.2.4 Menggunakan past tense di dalam
kalimat atau teks
Dengan akurat dan benar.
|
Past Tense
Form :
a.
Positive
S
+ V-2 + O
b. Negative
S
+ did+ not +V-1+ O
c. Interogative
Did+
S + V-1 + O + ?
The simple past
tense indicates that an activity began and ended at a particular time in the
past.
Time signal : yesterday, last week,last....,2 days
ago, etc
|
1. Penugasan.
2. Praktik.
|
I.
Kegiatan Pendahuluan
-
Greeting
-
Menyiapkan fisik dan
psikis siswa
-
Tanya jawab seputar
kegiatan yang telah dilakukan
-
Menyampaikan tujuan
pembelajaran dan cakupan materi
II.
Kegiatan
Inti
EKSPLORASI
1.
Guru memberikan
pertanyaan tuntunan sebagai berikut :
a. Did you remember about our material last week?
a. Did you remember about our material last week?
b.
What it is?
c.
What is the function of it?
d.
Did you remember about the generic structure?
e.
Did you know what is the language features?
2. Guru menunjukkan media berupa rumus past tense
3. Guru menjelaskan tentang past tense
ELABORASI
1. Guru
memberikan contoh teks narrative dan meminta siswa untuk menganalisis past
tense yang ada dalam teks.
2. Guru
menugaskan siswa untuk melengkapi teks rumpang menggunakan past tense.
3.
Siswa
mendiskusikan dengan aktif jawaban yang benar dengan bimbingan guru.
KONFIRMASI
1.
Siswa dibantu guru
menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam past
tense
2.
Siswa yang menemui kesulitan
diberi solusi.
III.
Kegiatan Penutup
1. Siswa
diminta mempelajari rencana materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
2.
Siswa diminta membuat
recount teks sebagai tugas rumah.
|
1.
Look Ahead 1
2.
Developing English Competencies
3.
SI & SKL
|
Gambar berupa tulisan tentang rumus Past
Tense
|
Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumen
a. Teknik
Penilaian
1) Non tes
2) Tes tulis
b. Bentuk Instrumen
1) Jawaban singkat
Contoh Instrumen
Complete this paragraph by using the words in the
bracket in the form of past tense.
The Fly and the Bull
There
was once a little fly who thought he was very important. He
1......................(feel)proud of himself. One sunny morning, he
2...................(fly)around looking for someone to talk to. He
3................(see) a bull grazing in a field. He
4..........................(decide)to fly down to talk to him.
The
little flew down and buzzed around the bull’s head. The bull 5 ..............(not,
do)bother him. He 6.......................(go)on chewimg grass.
The fly then buzzed right inside the bull’s
ear. The bull 7.............................(continue).chewing grass. The fly
thought, “ what a stupid animal!”
Now,
the fly decided to land on one of the bull notice him. He
8.......................(wait)for the bull to say something, but the bull kept
quite.
The
fly then 9................................(shout)angrily, “oh, bull, if you
find that I am too heavy for you, let me know and I’ll fly away!”
The
bull 10..............................(laugh)and said, “Little fly, I don’t care
if you stay or leave. You are so tiny that your weight does not make any
differences to me, so please be quiet and leave alone.
Key
answer :
Felt, flew,saw,
decided, went, continued, did not, waited, shouted, laughed
Rubrik Penilaian Menulis (Esai)
Skor
maksimal = 20
Nilai siswa = Skor perolehan X 10 = . . . .
Skor maksimal
= Skor
perolehan X 10 = . . . .
20
Mengetahui
........, .....................
Kepala Sekolah SMA............ Guru Mata Pelajaran
.....................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar